August 27, 2016

Cara Mudah Memindahkan Tabel dari Microsoft Word ke Postingan Blog

Cara Mudah Memindahkan Tabel dari Microsoft Word ke Postingan Blog – Postingan blog terdiri dari tulisan dan gambar agar lebih kelihatan menarik serta mendukung isi dari artikel. Namun, terkadang di dalam setiap tulisan tidak hanya terdiri dari uraian tulisan dengan nomor maupun abjad. Agar lebih jelas, artikel yang memuat tentang harga suatu barang atau jasa dan tentang suatu perbandingan antara nilai suatu benda, membutuhkan tabel. Khususnya untuk meyakinkan isi dari artikel blog atau website. Contohnya blog dengan isi tentang harga handpone, laptop atau komputer atau perbandingan kandungan gizi A dan B dan lain sebagainya.

Bagi yang sudah terbiasa membuat artikel di blog, pasti tahu bahwa tidak dapat membuat tabel pada halaman postingan blog. Untuk itu kita harus berusaha mencari cara untuk membuat tabel pada postingan blog yaitu melalui microsoft word saja yang lebih mudah. Mungkin banyak cara membuat tabel untuk postingan blog tapi saya akan bagikan cara ini yang lebih mudah dan telah saya praktekkan sendiri. Untuk melihat contohnya Anda dapat membuka postingan saya yang lain yang memiliki tabel, kurang lebih sama dengan contoh tabel di bawah ini.

Cara Mudah Memindahkan Tabel dari Microsoft Word ke Postingan Blog

Cara memindahkan tabel dari Microsoft Word ke postingan blog sangat mudah. Mungkin bagi Anda yang belum tahu akan terasa sulit. Berikut ini akan saya uraikan langkah demi langkah secara lengkap :

Pertama silahkan Anda doble klik widget menu Microsoft Word pada Komputer Anda.
Pada jendela yang muncul, klik Menu Insert lalu Tabel.
Silahkan Anda masukan berapa kolom tabel yang Anda butuhkan. Seperti contoh di bawah ini :

Perbandingan A
Perbandingan B
Warna merah
Sangat baik
Warna hijau
Kurang baik

Jika telah selesai, maka Anda dapat menyimpanya dengan mengklik Menu File lalu Save As.
Pada Save as Type ganti menjadi web page,filtered, lalu Save
Setelah tabel tersebut tersimpan, lalu buka di Chrome.
Klik kanan, lalu klik view page source
Setelah muncul kode html, copy kan ke postingan blog mulai dari
               < table class= msotablegrid  border=1 cellspacing=0  cellpadding=0  style = ‘border=collapse:collapse;border:none’> HINGGA PENUTUP  </td>  </tr> </table>

Jangan lupa untuk mengubah mode Compose ke Html untuk menerapkan kode yang diatas. Setelah kode tadi dimasukan kembalikan ke mode Compose lagi.

Maka, sekarang artikel Anda telah di lengkapi dengan Tabel, Anda dapat menambahkan warna tabel, tulisan dengan huruf besar atau cetak tebal sesuai keinginan Anda, Selamat mencoba.