September 23, 2016

Cara Memasang Iklan Google Adsense di Blog Blogspot Melalui Widget dan Template

Cara Memasang Iklan Google Adsense di Blog Blogspot Melalui Widget dan Template  – Alhamdulillah setelah semua halangan dan rintangan yang Saya hadapi yang berhubungan dengan blog,  akhirnya Saya memperoleh Akun Adsense. Itulah maka Saya mempunyai keberanian menulis artikel tentang Adsense. Karena takutnya Saya hanya “ngomong” saja tentang Adsense tapi tidak punya Akun Adsense. Seperti yang semua Blogger tahu, untuk memperoleh Akun Google Adsense ini tidaklah mudah, bahkan yang telah bertahun – tahun  “ngeblog” pun belum memperoleh Akun Adsense. Tapi itulah, apun itu dan sesulit apapun, jika kita mau berusaha dan tidak pernah berhenti berdo’a, pasti semua akan terwujud.

Jadi curhat, untuk memasang iklan adsense pada blog ada dua cara yaitu dengan menggunakan widget, tapi dengan cara penempatan iklan ini hanya terbatas pada area tertentu saja. Namun jika Anda memasang kode unit iklan dengan cara memasukan kode HTML ke dalam template, maka Anda dapat memasang pada lokasi manapun yang Anda inginkan.

1. Memasang Iklan Google Adsense Melalui Widget Adsense
  • Langkah pertama, pastikan Anda telah Login ke Dashboard Blogger
  • Pada Tab bagian kiri, pilih Tata Letak
  • Klik “add widget”, seperti gambar di bawah ini :

Cara Memasang Iklan Google Adsense di Blog Blogspot Melalui Widget dan Template

  • Pada jendela yang muncul, klik Adsense dengan tanda  + , seperti gambar di bawah yang dilingkari warna merah.

  • Dengan begitu iklan telah terpasang pada blog Anda.

2. Memasang Iklan Google Adsense Dengan Menambahkan Kode HTML Melalui Widget
  • Setelah Anda memperoleh kode iklan Adsense, lalu copy kode tersebut, selanjutnya sama seperti langkah di atas, pada Tata Letak, klik “add widget”, setelah terbuka jendela baru klik tanda + pada “HTML/ JavaScript, sepeti pada gambar di atas yang dilingkari warna biru.
  • Setelah itu, Anda pastekan kode iklan yang tadinya di copy, lalu simpan.

3. Memasang Iklan Adsense Dengan Menerapkannya Pada Template

Iklan Adsense yang di terapkan pada template blog, dapat di tempatkan di mana saja untuk meningkatkan pendapatan Anda. Sama seperti yang nomor 2, Anda harus Login dulu ke Akun Google Adsense, pada menu bagian atas pilih “ Iklan Saya”. Banyak sekali pilihan model iklan disana. Setelah Anda pilih salah satunya, Anda akan mendapatkan kode iklan, lalu copy kode tersebut.

Setelah di copy, jangan langsung diterapkan pada template Anda, karena nanti akan terjadi eror. Jadi setelah di copy maka silahkan di PARSE terlebih dahulu. Dari sinilah Anda copy lagi kode iklan yang telah di PARSE pada Tool khusus Parse. Langkah penempatannya pada template blog adalah

1. Memasang Iklan di Bawah Judul Postingan
  • Login terlebih dahulu ke Dashboard Blogger Anda
  • Pada Tab bagian kiri klik “ Template” lalu “ HTML”
  • Silahkan cari kode “<data:post.body/> pada bagian terakhir, karena terdapat beberapa kode tersebut pada template blog.
  • Lalu tempatkan kode di bawah ini di atas kode tersebut.

<div style=’float:left;padding-right:10px;’> 
kode iklan anda yang sudah diparse 
</div>

Anda dapat mengganti posisi iklan dengan mengganti  “ left/right/center” pada kode yang ditandai warna biru.
  • Setelah kode Anda pasang, dan pastekan kode yang telah diparse tadi. Silahkan di “Pratinjau” untuk memastikan Template tidak eror. Jika tidak ada masalah lagi, silahkan di simpan.

2. Memasang Iklan di Bawah Postingan

Untuk memasang iklan di bawah postingan, terlebih dahulu unit iklan harus di Parse sama seperti memasang iklan di atas postingan.
  • Login ke Dashboard Blogger
  • Klik ‘ Template” lalu HTML
  • Cari kode <data:post.body/> bagian terakhir, tempatkan kode di bawah ini di bawah kode <data:post.body/>

<b:if cond=’data:blog.pageType == &quot;item&quot;’>
<div style=’text-align: center;’>
Kode iklan yang sudah di parse
 </div>
</b:if>
  • Anda juga dapat mengubah posisi penempatan iklan seperti di tengan (center), di kiri (left) atau di kanan (right). Dan jangan lupa untuk mempastekan kode yang telah di Parse tadi pada bagian yang telah di sediakan.

Demikian, beberapa cara memasang iklan google adsense di blog blogspot melalui widget dan kode HTML yang dipasang pada Template Blog. Dan selamat menikmati manisnya Dollar dari Adsense.