September 25, 2016

6 Tips Sukses Menjadi Blogger Paruh Waktu Bagi Pemula Yang Wajib Anda Ketahui

6 Tips Sukses Menjadi Blogger Paruh Waktu Bagi Pemula – Saat pada tahun 2016, banyak sekali Blogger Indonesia yang benar – benar hanya mengandalkan aktivitas blogging untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari – hari. Dengan kata lain, banyak sekali full-time blogger Indonesia yang tidak bekerja kecuali hanya mengandalkan penghasilan dari “ bekerja di dunia blogging “. Bahkan ada yang rela meninggalkan pekerjaan tetapnya sebagai karyawan agar lebih fokus ngeblog.
Mungkin pada awal – awal terasa berat, banyak sekali halangan dan rintangan yang harus di hadapinya. Tapi mereka sukses melewati semua rintangan yang mengadang. Dan akhirnya mereka benar – benar meraih kesuksesan seperti yang di harapkan, bahkan melebihi dari yang mereka bayangkan sebelumnya.

Tapi bagi Anda yang punya kesibukan lain, contohnya Saya sendiri sebagai seorang ibu rumah tangga. Mengurus tiga orang anak, yang dua telah sekolah dan yang masih kecil masih sangat butuh perhatian khusus karena usianya masih satu tahun lebih. Yang masih sekolah tiap hari diantar dan dijemput, memang dekat sekolahnya, jaraknya  ± 1 km dari rumah, kadang gantian dengan suami tapi pada saat suami telah bekerja, pasti Saya yang menjemput. Belum lagi, menyiapkan makan, segala macamlah pekerjaan Ibu rumah tangga. Oleh karena itu, saya memilih menjadi blogger paruh waktu.

Sebenarnya tujuan saya menjadi blogger paruh waku adalah karena saya ingin tetap bekerja, sambil saya masih bisa mengurus dan memperhatikan anak – anak saya. Saya ingin melakukan aktivitas yang mudah – mudahan bermanfaat bagi orang banyak dan pastinya juga buat diri saya sendiri. Artinya, jika ada ilmu yang saya bagikan untuk teman – teman semua, otomatis saya juga memperoleh ilmu tersebut karena selama kita hidup kita harus terus belajar, dan belajar untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

Kembali lagi ke topik semula, jika Anda juga termasuk blogger paruh waktu, lau apa sajakah yang harus Anda lakukan untuk menjadi blogger paruh waktu yang sukses ? Berikut ada 5 tips sederhana yang barangkali bermanfaat bagi anda yang menjadi blogger paruh waktu, di kutip dari buku Medhy Aginta pemiliki Blogguebo.com

6 Tips Sukses Menjadi Blogger Paruh Waktu Bagi Pemula Yang Wajib Anda Ketahui

6 Tips Sukses Menjadi Blogger Paruh Waktu Bagi Pemula

1. Tentukan Tujuan Anda Menjadi Blogger Paruh Waktu

Apakah Anda ingin sukses mendapatkan penghasilan tambahan dari aktivitas “ make money from blogging?” Apakah Anda ingin mendapatkan penghasilan $1000 dari aktivitas blogging? Atau apakah Anda hanya ingin mengelola blog hanya sebagai hobi dan kesempatan mengisi waktu luang? Apapun itu, tentukan tujuan Anda. Dengan begitu, Anda dapat menentukan apa yang Anda butuhkan dan langkah – langkah apa yang harus Anda ambil dan lakukan untuk mencapai tujuan Anda. Hanya Anda yang dapat mengukur kesuksesan Anda.

2. Tentukan Target Monetisasi Anda

Berapa target monetisasi yang Anda rencanakan? $1000 per bulan? $500 per bulan? Atau cukup hanya $100 per bulan? Kapan target monetisasi yang akan Anda capai? Tahun ini ? Tahun depan ?. Dengan menentukan target penghasilan yang ingin Anda dapatkan melalui aktivitas blogging, Anda dapat mengurangi tekanan berlebihan karena godaan ingin seperti Blogger Terkenal ini, atau itu yang telah berpenghasilan tinggi dari Anda. Berapapun hasil yang Anda dapatkan, itu sesuai dengan usaha yang Anda lakukan.

3. Fokuslah Pada Minat atau Hobi Anda

Apapun yang Anda targetkan dari aktivitas make money from blogging, tetaplah fokus pada apa yang Anda sukai dan ingin Anda lakukan. Anda tidak akan mendapatkan kebahagiaan dengan melakukan hal – hal yang tidak Anda sukai

4. Menulislah Dengan Rencana Posting Terjadwal

Dengan memilih menjadi blogger paruh waktu, pastinya Anda memiliki keterbatasan waktu untuk memposting artikel. Maka untuk itu, jika Anda memiliki waktu luang 1 – 2 jam maka tulislah artikel sebanyak Anda bisa untuk kedepannya. Jadi Anda tidak perlu merasa terbebani dengan harus meng-update artikel setiap hari.  Selain itu, Anda dapat mencari buku – buku tentang sumber rujukan artikel yang hendak Anda tulis.

5. Evaluasi Aktivitas dan Target Anda

Dengan berkembangnya aktivitas blogging dan make money from blogging yang Anda lakukan paruh waktu, lakukanlah evaluasi atas aktivitas dan target yang telah Anda tentukan sebelumnya.  Sebagai patokan, barangkali Anda bisa melakukan evaluasi tiga bulanan untuk menilai sejauh mana pencapaian target Anda. Siapa tahu, ada yang harus Anda ubah agar tujuan Anda terlaksana.

6. Mencoba Hal Baru Yang Masih Berhubungan Dengan Tujuan Anda

Jangan pernah menyerah jika tujuan Anda belum tercapai, seperti kata pepatah “ tidak satu jalan menuju Roma “. Dalam dunia blogging juga berlaku hal tersebut, jika langkah pertama belum tercapai atau gagal, Anda masih memiliki langkah kedua, jika gagal lagi, Anda masih punya langkah atau cara ke 3 sampai akhirnya Anda berhasil memperoleh tujuan Anda.

Demikianlah, tips – tips sederhana untuk menyiasati keterbatasan waktu Anda menjadi blogger blogger paruh waktu. Mudah – mudahan artikel ini bermanfaat buat Anda dan Saya yang masih banyak belajar lagi dalam dunia blogging.