September 26, 2016

10 Tips Rahasia dari Blogger Sukses Untuk Menarik Pembaca Blog

10 Tips Rahasia dari Blogger Sukses Untuk Menarik Pembaca Blog - Bagi Seorang Blogger yang benar - benar belajar dari nol, merupakan hal istimewa dan menyenangkan jika dia berhasil membuat sebuah blog pertamanya. Apalagi, jika Anda telah berhasil mempublis satu artikel, dan telah dilihat oleh beberapa orang, walaupun tidak banyak tapi cukup membuat hati merasa puas. 

Dengan seiring berjalannya waktu, artikel anda telah semakin banyak, dan otomatis pengunjung blog Anda juga ikut bertambah. Mungkin dengan hebatnya Anda berpromosi dengan teman dan keluarga serta aktif di sejumlah sosial media. Pengunjung blog Anda kian hari kian meningkat. 

Namun itu jika Anda aktif dan mempunyai strategi sendiri untuk meningkatkan pengunjung blog Anda. Tapi bagi pemula seperti saya, pengunjung blog saya masih sedikit sekali jika di bandingkan dengan pengunjung blog yang telah profesional. Jika ternyata Anda memiliki masalah yang sama, mungkin tips berikut ini dapat menjadi acuan bagi Anda yang ingin menjadi blogger sukses dengan memiliki pembaca yang banyak. Mungkin selama ini pengunjung blog Anda hanya 50- an dan ingin meningkatkan menjadi 100 - an, 500 -an, 1000 - an atau bahkan puluhan dan ratusan ribuan. Kenapa tidak bukan? Berikut tips - tips dari blogger sukses yang saya dapatkan, untuk menarik pembaca blog Anda.

10 Tips Rahasia dari Blogger Sukses Untuk Menarik Pembaca Blog

1. Tulislah Setidaknya 5 Artikel Pilar Utama

Artikel pilar adalah artikel tutorial untuk mengajarkan pembaca Anda seputar tentang blog atau sesuatu yang benar - benar bermanfaat. Secara umum, panjang artikel pilar lebih dari 500 kata, namun saat ini katanya lebih bagus lagi jika Anda dapat menulis 1000 kata, bahkan 2500 kata. Tapi itu kembali lagi ke pada kemampuan Anda. Dari artikel pilar itu biasanya berisi saran dan tips untuk membantu pembaca Anda. Artikel ini contohnya merupakan artikel pilar, dan memiliki daya tarik jangka panjang dan selalu di butuhkan setiap saat. Semakin banyak artikel pilar pada blog Anda, itu artinya semakin baik.

2. Usahakan Untuk Menulis Artikel 1 Setiap Hari

Hal ini di maksudkan agar pengunjung blog Anda tahu bahwa setiap hari Anda update artikel baru. Dengan ini, maka kemungkinan besar pengunjung Anda akan datang lagi besok untuk melihat hal baru yang Anda sajikan di blog. Anda tidak harus menulis artikel pilar setiap hari, Anda dapat menulis artikel tentang berita, keadaan sekitarnya atau hobi yang sesuai tujuan Anda membuat blog.

Namun, ini bukan ketentuan mutlak yang harus Anda lakukan. Jika benar - benar Anda tidak mempunyai waktu, Anda dapat menulis kapanpun Anda bisa. Tapi itu setelah Anda memiliki cukup banyak artikel. Biasanya 3 bulan pertama merupakan hal kritis, jadi semakin banyak konten yang Anda tulis akan semakin baik.

3. Gunakan Nama Domain Yang Mudah di Ingat

Jika Anda telah serius menekuni dunia blogging, gunakanlah nama domain yang mudah di ingat agar orang lain lebih mudah menyebarkan informasi tentang blog Anda. Biasanya orang sering berbicara tentang blog yang mereka suka ketika berbicara dengan teman maupun keluarga. Maka dari itu, Anda harus membuat nama blog dan url yang mudah untuk di ingat.

4. Mulailah Membuat Komentar di Blog Lain

Ketika Anda telah memiliki artikel pilar dan artikel pendek yang Anda tulis setiap hari maka blog Anda telah siap untuk di umumkan kedunia. Salah satu cara terbaik menemukan pembaca Anda adalah dengan memberikan komentar di blog lain. Anda harus berusaha fokus memberikan komentar di blog yang mempunyai niche yang sama dengan blog Anda karena mungkin pembaca blog tersebut akan tertarik untuk juga membaca blog Anda.

Kebanyakkan sistem komentar blog memungkinkan Anda untuk meninggalkan link nama blog Anda ketika memberikan komentar. Dengan cara inilah orang akan menemukan blog Anda dengan memberikan komentar yang bagus dan tidak nyepam alias spam.

5. Berilah Trackback dan link ke Blog Lain Dalam Posting Artikel Anda

Trackback adalah semacam perkacapan di blog. Ketika Anda menulis sebuah artikel baru di blog Anda dan memberikan link referensi dari blog lain. Ini untuk memberi tahu bahwa Anda menulis Artikel yang menyebut tentang mereka.

Ini merupakan hal bagus karena seperti halnya meninggalkan komentar, sebuah trackback meninggalkan link sehingga pembaca dapat mengikutinya, namun trackback juga memberikan manfaat yang penting, ia membuat Anda mendapatkan perhatian dari blogger lain. Blogger lain akan datang membaca artikel Anda karena ingin tahu apa yang Anda tulis tentang mereka. Mungkin mereka akan setia membaca blog Anda atau setidaknya memonitor blog Anda.

6. Dorong Pembaca Untuk Berkomentar di Blog Anda

Salah satu cara paling kuat untuk meyakinkan seseorang agar mau menjadi pembaca setia blog Anda adalah dengan menunjukan bahwa ada pembaca setia lain yang telah membaca blog Anda. Seperti contohnya pada blog terkenal yang lain.

7. Masukan Blog Pilar Anda ke Blog Carnival

Blog carnival adalah sebuah posting dalam blog yang merangkum koleksi artikel dari berbagai blog yang berbeda mengenai topik tertentu. Ide dasarnya adalah untuk mengumpulkan sejumlah konten terbaik dalam satu topik dalam jangka waktu tertentu.

8. Daftarkan Blog Anda ke Blog TopSites.com

Dengan mendaftarkan blog Anda ke Blog Top Sites memang tidak akan memberikan tambahan pembaca yang banyak, namun seiring berjalannya waktu, jumlah tersebut akan bertambah dengan meningkatnya rangking blog Anda. Dan untuk mendaftar juga sangat nudah, hanya dalam waktu 5 menit sudah jadi.

9. Masukan Artikel Anda ke EnzineArtikel.com

Inilah adalah tips lain yang tidak akan langsung memberikan ratusan pembaca ke blog Anda secara langsung namun langkah ini cukup layak di lakukan hanya sekedar menambah apa yang telah Anda miliki. Satu kali seminggu, ambil artikel pilar Anda dan masukan ke EnzineArtikel.com. Selanjutnya artikel Anda akan di baca dan di publikasikan ulang di situs atau newsletter mereka yang membaca artikel Anda.

Bagaimana Anda mendapatkan keuntungan adalah dengan melalui ktak resurce. Yaitu dengan menciptakan kotak resource  Anda yang mirip file signature dimana Anda dapat mencantumkan satu hingga dua kalimat dan memberikan link back ke blog Anda. Setiap orang yang mempublikasikan artikel Anda harus mencantumkan  kotak resource Anda sehingga Anda akan mendapatkan link back ke blog Anda juga.

10 Jika Bisa Tulislah Lebih Banyak Artikel Pilar

Apapun yang Anda lakukan di atas akan membantu Anda menemukan pembaca baru, namun itu hanya bisa Anda dapatkan jika Anda telah memiliki artikel pilar yang cukup banyak. Tanpa adanya artikel pilar, mungkin Anda tetap akan mendapatkan pembaca namun mereka mungkin malas untuk kembali membaca artikel Anda.  Berusahalah untuk tetap fokus menulis artikel pilar yang bagus setiap minggu dan akhir tahun. Itulah yang akan bekerja keras untuk mendatangkan pembaca ke blog Anda.

Demikian, 10 Tips Rahasia dari Blogger Sukses dan terkenal blogguebo.com untuk menarik pembaca blog sebanyak - banyaknya. Semoga bermanfaat ya bagi Anda yang tengah berusaha untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung blog Anda.