October 1, 2016

Tips dan Trik Membeli Laptop Baru Berkualitas, Agar Tidak Terjadi Kesalahan

Tips dan Trik Membeli Laptop Baru Berkualitas - Agar tidak terjadi kesalahan setelah membeli laptop, pastikan Anda mencari info kesana kemari tentang spesifikasi laptop yang sesuai dengan keinginan Anda. Dalam membeli laptop sama halnya dengan membeli smartphone atau baju, yang paling cocok dengan Anda. Jika salah satunya tidak sesuai dengan keinginan kita, pasti kita akan menyesal. Maka dari itu sebelum membeli laptop, sebaiknya perhatikan hal - hal sebagai berikut :

1. Tentukan Kegunaan Laptop Bagi Kita

Laptop yang hendak kita beli untuk apa? Apakah akan di gunakan untuk bermain game kesayangan Anda, membuat aplikasi, atau hanya untuk update status di sosial media. Jika yang Anda butuhkan laptop dengan kemampuan lebih tinggi, maka pilihlah laptop dengan teknologi multi-core dan arsitektur terbaru.

Sedangkan untuk Anda yang ingin menggunakan laptop untuk bermain game dan desain grafis, maka pilihlah laptop dengan VGA yang tinggi dan kapasitas memori dan RAM besar, agar dalam membuat desain dan bermain game lebih ringan di jalankan.

Untuk developing, biasanya di butuhkan software develop yang membutuhkan resource tinggi. Anda bisa memilih laptop dengan mempertimbangkan processor dan memori dengan spesifikasi tinggi agar dapat mengimbangi pekerjaan Anda.

Untuk Anda yang sering mobile di luar, Anda dapat memilih laptop dengan daya tahan batrai lebih lama, dan yang memiliki koneksi wifi, bluetooth dan modem yang mendukung.


2. Lihat Review

Lihat reveiw kualitas dan performa laptop di internet maupun majalah - majalah tentang laptop. Banyak sekali website atau blog yang mengulas tentang kualitas sebuah laptop baru dan bekas. Dengan begitu, Anda lebih yakin untuk memilih laptop yang akan Anda beli.

3. OS Kompabilitas

Usahakan dan jangan sampai Anda membeli laptop yang telah di tentukan OS-nya. Ini sangat merugikan pengguna, untuk itu bacalah spesifikasi yang jelas sebelum membeli dan tanyakan kepada penjual.

4. Garansi Resmi

Garansi resmi sangat penting, karena jika tidak memiliki garansi resmi, ketika laptop Anda rusak maka akan ditolak karena vendor resmi tidak menjual tipe dan seri tersebut. Anda harus mengetahui dealer resmi untuk merek laptop yang Anda inginkan.

5. Masalah Merek

Merek sangat berhubungan dengan kualitas, itu jika vendor tersebut memang terbukti menjaga kualitas laptop yang mereka jual di pasaran. Namun, saat ini banyak sekali laptop dengan berbagai merek di jual dengan spesifikasi yang lengkap, pastikan yang Anda beli telah memiliki garansi.

6. Jenis dan Type

Hampir setiap merek selalu mengeluarkan laptop dengan berbagai jenis. Jenis laptop biasanya di buat berdasarkan kebutuhan seperti Netbook, Notebook, PCTablet dan lain sebagainya. Belilah laptop sesuai dengan kebutuhan Anda, misalnya :

 -  Laptop Untuk Keperluan Mobile

Jika Anda lebih sering menghabiskan waktu di luar rumah, maka laptop jenis Netbook ini paling cocok bagi Anda, dapat dengan mudah di bawa - bawa. Pilihlah netbook dengan kapasitas baterai yang tahan lama dan lebih ringan, selain itu pilihlah netbook dengan processor Intel Atom keluaran terbaru.

-  Laptop Yang Jarang di Bawa

Biasanya laptop yang jarang di bawa - bawa adalah laptop para Gamer dan desainer dengan ukuran layar di atas 14 inch, Memori minimal 350 GB dan RAM 2 GB.

- Laptop Tahan Banting

Laptop ini sangat cocok di bawa ke lokasi kerja yang beresiko tinggi, mungkin dengan spesifikasi anti air, anti debu dan sebagainya.

7.  Tes Kelengkapan Fisik dan Fungsi

Kelengkapan laptop sangat di perlukan, tidak mungkinkan jika baterai laptop Anda habis, ternyata tidak memiliki chargernya. Selain itu, kelengkapan ini sangat berguna ketika laptop ingin di jual kembali. Seperti mengecek baterai, charger, tas kartu garansi, buku manual dan lain sebagainya. Selain itu, perhatikan fisiknya, apakah terdapat lecet, retak, tergores, segelnya maupun tombol - tombolnya. Terakhir tes dengan cara menghidupkannya, apakah berjalan sesuai fungsinya, warna layarnya serta fungsi - fungsi lainnya.

8. Cek Untuk Membandingkan Harga

Ini adalah hal terakhir yang sangat penting, biasanya beda Toko, beda harga. Cek kesemua Toko mana harga yang paling murah namun merek dan type laptopnya sama serta spesifikasinya. Agar jangan membeli laptop yang harganya terlalu mahal dari harga standar.

Nah, itulah tips dan trik yang harus Anda lakukan sebelum membeli laptop baru berkualitas, agar tidak terjadi kesalahan di kemudian hari. Semoga bermanfaat, semoga Anda mendapatkan laptop sesuai dengan keinginan Anda.